Penulis : Puji Marliyana | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Pemilu merupakan alat untuk menyejahterakan serta mewujudkan kemakmuran dan keadilan. Selain itu tujuan utama bernegara, berbangsa dan bermasyarakat adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  "Pemilu merupakan salah satu alatnya. Untuk itu laksanakan tugas sebagai sebuah panggilan moral, laksanakan tugas sebagai sebuah panggilan patriotik dari Ibu Pertiwi, agar hasilnya sukses," ujar Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman saat memberikan arahan pada Apel Siaga Pengawasan Kampanye, Masa Tenang dan Pungut Hitung di Lapangan PPS, Sabtu (10/2/2024).

Menurut Pj. Bupati Herman, untuk menyejahterakan masyarakat dibutuhkan dua proses, yakni proses politik dan proses pemerintahan. "Jadi untuk menyejahterakan masyarakat ada proses pemerintahan, dan kualitas proses pemerintahan tergantung pada proses politik. Jadi semua berkepentingan pada proses politik ini agar berlangsung baik, jujur, dan adil," ujarnya.

Proses politik bukanlah proses biasa, tapi proses yang substansial dan esensial yang akan menentukan jalannya pemerintahan dan akan menentukan sejauh mana bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat. "Karena ini penting bahkan sangat penting, maka harus dilaksanakan tugas ini dengan betul-betul panggilan patriotik, agar pelaksanaan pemilu bisa berlangsung sukses tanpa ekses," tuturnya.

Pj. Bupati Herman menyebutkan ada dua hal spesifik terkait pemilu. "Pertama prosesnya harus berlangsung jujur dan adil sebagaimana tema hari ini, ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’. Di sisi yang lain proses pemilu ini harus mendapatkan hasil yang berkualitas," kata Pj. Bupati Herman.

Untuk memastikan penyelenggaraannya berkualitas jujur dan adil, hal ini tergantung pada proses pengawasan, tentu saja ini menjadi tugas keluarga besar Bawaslu.  "Kalau pengawasannya baik, maka penyelenggaraanya akan baik dan efektif sehingga nanti hasilnya pun akan baik dan berkualitas. Itu esensi dari kenapa kita harus totalitas, dan kenapa Bawaslu harus betul-betul melaksnaakan tugas se optimal mungkin, sehingga hasilnya pun akan berkualitas dan nanti pemerintahan akan berkualitas, ujungnya kesejahteraan akan terwujud," katanya.

Pemda Kabupaten Sumedang bersama Forkopimda memberikan dukungan penuh kepada Bawaslu untuk melaksanakan tugas dengan baik.  "Namun sebaik apapun melaksanakan tugas,tidak bisa sendirian namun dibutuhkan team yang baik. Penanggung jawab utama dilakukan oleh keluarga besar Bawaslu, kemudian Panwas Kecamatan, dan pengawas desa dan kelurahan. Untuk itu dibutuhkan komunikasi dan kolaborasi dengan semua pihak," imbuhnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumedang Ade Adriatna Sinulingga menyebutkan kegiatan Apel Siaga tersebut bertujuan untuk mempersiapkan seluruh jajaran dari mulai tingkat kecamatan, kelurahan/desa sampai ke tingkat PTPS agar bisa mempersipkan pengawasan khusunya pada saat masa tenang dan juga pemungutan suara yang akan berlangsung 14 Februari 2024.  

"Harapan kami, Bawaslu mendapat dukungan dari seluruh pihak, stake holders terkait khususnya Pemda Sumedang, agar bersama-sama menciptakan pemilu yang sukses tanpa ekses. Dan juga out put nya bukan hanya terkiat memilih masa depan kita, namun juga untuk sama-sama memberikan pendidikan politik bagi masyarakat Sumedang," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)