SUMEDANGKAB.GO.ID, BPBD - Wabah pandemi Covid 19 yang saat ini tengah melanda menyebabkan ribuan pedagang yang biasa  berjualan di sekitar sekolah di wilayah Kabupaten Sumedang terkena dampaknya, menyusul adanya kebijakan untuk agar tidak belajar di sekolah melainkan harus di rumah. Berdasarkan koordinasi dengan pihak terkait, setidaknya ada 3327 pedagang yang mengalami dampak wabah ini.

Untuk itu, BPBD menyalurkan bantuan paket sembako untuk mengurangi beban pemenuhan kebutuhan pangan.

“Untuk membantu beban mereka dalam menghadapi kebutuhan hidup sehari hari, Pemkab Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pertanian dan BPBD memberikan bantuan paket sembako,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang H Ayi Rusmana didampingi Kasie Kedaruratan, Yedi, Senin (6/4/2020).

Menurut Yedi, jumlah tersebut tersebar di seluruh Kecamatan setelah sebelumnya dilakukan pendataan.

Saat ini semua paket sembako telah diambil pihak kecamatan untuk selanjutnya disalurkan kepada para pedagang tersebut. Adapun bantuan yang diberikan per pedagang adalah 5 kg beras, 1 kaleng sarden, 1 kaleng kornet dan 1 kg minyak goreng.

"Untuk bantuan beras berasal datr Dinas Pertanian dan laukpauknya dari dari BPBD," tambahnya.

Ayi pun berharap bantuan yang diberikan ini setidaknya dapat mengurangi beban para pedagang walaupun memamg tidak sebanding dengan pendapatan mereka ketika berjualan. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)