SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB – Pemkab Sumedang berupaya terus memenuhi janji pembangunan jalan yang dapat menghubungkan Cisoka di Margawindu, Desa Citengah menuju ke Cibubut di Kecamatan Cibugel. Meski dengan dana tersendat-sendat namun upaya tersebut terus dilakukan agar Cibubut mudah dijangkau dari Cisoka ini.

“Tahun ini pembangunan jalan terus berlanjut namun alokasi dana yang minim yang besarannya lebih sedikit daripada alokasi dana di tahun 2019,” kata Kasie perencaan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Hary Bagja, Kamis (30/1/2020).

Menurut Hary, setelah tahun 2019 kemarin terdapat alokasi dana sebesar Rp. 10 milyar untuk pembangunan jalan ini, kini hanya sekitar Rp. 2 milyar saja. Dana ini akan digunakan untuk pengupasan tebing, perbaikan saluran air dari berbagai sumber seperti dari warga dan aktivitas perkebunan.

 “Sebenarnya, untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Citengah-Cibubut-Cisoka masih diperlukan biaya belasan milyar, namun karena terbentur oleh anggaran yang sangat terbatas tahun ini hanya dialokasikan sebesar Rp. 2 milyar.

Jalan ini sudah banyak dinanti warga sejak lama. Tahun 2017, pembangunan jalan ini mulai Nampak serius dengan banyaknya aktivitas dinas-dinas terkait yang menyurvey lokasi ini. Di masa pemerintahan Bupati Dony Ahmad Munir, pembangunan jalan ini kembali menjadi prioritas menyusul tercapainya target jalan kabupaten mulu di Tahun 2023.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)