Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISNAKERTRANS - Kepala Bidang Hubungan Industri pada Disnakertrans Kabupaten Sumedang Nisye Sumanika Permatasari mengatakan, sebelum mencari kerja, para pencari kerja seharusnya dapat mengikuti berbagai pelatihan soft skill. Pelatihan yang dimaksud diantaranya kemampuan komunikasi yang baik, kerja tim, kepemimpinan, empati, adaptabilitas, dan keterampilan interpersonal lainnya.

Nisye berharap berbagai pelatihan soft skill yang tersedia khususnya di Kabupaten Sumedang mesti diikuti oleh para pencari kerja. "Selain pengetahuan tentang pasar kerja, kemampuan IT. informasi dan teknologi juga harus dimiliki oleh pencari kerja, terutama bagi yang fresh graduate. Memang saat ini ketersediaan lapangan kerja tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja, tapi setidaknya para pencari kerja harus punya soft skill supaya menjadi pertimbangan bagi HRD perusahaan," kata Nisye disela kegiatan Job Fair 2024 di lapangan PPS, Selasa (25/6/2024).

Saat ini para pencari kerja juga dihadapkan pada persaingan bisnis dan bahan baku, sehingga mempengaruhi hasil produksi industri yang tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pencari kerja. "Selain soft skill, saat ini usia yang tidak lebih dari 25 tahun masih menjadi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Lihat di BLK sudah disediakan paket pelatihan, termasuk di BLK luar Sumedang," ucapnya.

Nisye menambahkan, selain pelatihan formal untuk mengasah kemampuan. Disnakertrans bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti LPK. Dengan pelatihan kewirausahaan diharapkan para pencari kerja tidak bergantung untuk bekerja di orang lain, tapi lebih mandiri untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.
"Karena di setiap pelatihan kewirausahaan selain dilatih soft skill, juga cross cutting dengan DiskopUKMPP dan untuk bantuan permodalannya kerjasama dengan Bank Sumedang," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)