CIMALAKA - Rabu, (23/06/2021) Pelaksanaan Program Dana Desa yang bersumber dari APBN sudah dirasakan oleh masyarakat desa, tidak hanya dalam bentuk kegiatan fisik saja, tapi juga peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya adalah pelatihan peningkatan kapasitas untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa di lingkup Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. 
 
Sebanyak 154 orang yang terbagi dalam dua sesi selama dua hari, para Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kecamatan Cimalaka telah mengikuti kegiatan tersebut di Vila Bumi Perkemahan Gajah Depa Desa Galudra Sumedang.
 
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa ( H. Nuryadin) mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas ini, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para Kepala Desa dan Perangkat Desa tentang kinerja Pemerintahan desa, selain itu tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam memfasilitasi proses pelaksanaan, pemberdayaan, pelestarian program, dan kegiatan ini juga untuk menumbuhkan komitmen dan sikap kepedulian peserta/aparatur khususnya terhadap masyarakat miskin dan kemandirian masyarakat.
 
Camat Cimalaka (Asep Aan Dahlan.,S.Sos.M.Si) berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa dalam membangun desa-desanya menjadi lebih baik. Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis agar Kepala Desa dan Perangkat Desa memahami tupoksi tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparatur Pemerintahan Desa. Beliau juga mengingatkan dengan banyak anggaran yang dikelola desa, semakin besar resiko, oleh karenanya para aparatur pemerintahan desa diharapkan memahami aturan dan regulasinya. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)