Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

KOTA KALER - Musim kelulusan siswa sekolah dari berbagai jenjang pendidikan membawa keberkahan bagi pelaku usaha cinderamata khususnya bagi pelaku UMKM jasa merangkai buket di Sumedang. Bahkan saking banyaknya orderan yang masuk omzetnyapun meningkat selama musim kelulusan.

Nunung (42) pemilik gerai AzqiaraCraft menuturkan pesanan buket sudah banyak sejak sekolah berbagai jenjang tingkatan pendidikan menjadwalkan acara pelepasan dan kenaikan kelasnya. Konsumen yang memiliki anak siswa sekolah banyak yang pesan baik pesan secara online via platform whatsapp, Instagram maupun offline datang langsung ke galeri dari awal sampai akhir juni pesanan sudah penuh.

Pemilik gerai AzqiaraCraft yang sudah menggeluti dunia crafting sejak tahun 2019 ini menyampaikan, seiring tren berbagi kebahagiaan dengan memberikan cinderamata berupa buket pada anak ataupun sanak saudara yang sedang mempunyai moment bahagia, bisnis kerajinan tangan ini cukup menjanjikan.

"Buket pesanan dibuat mayoritas untuk kebutuhan kelulusan sekolah. Saat ini pesanan banyak untuk beberapa jenis buket, diantaranya buket bunga artistik dengan menggunakan bahan bunga asli yang dikeringkan, photo idola, boneka, makanan ringan, uang kertas asli dan lain-lain sesuai jenis barang atau keinginan para konsumen," ujar Nunung, Minggu (23/6).

Menurutnya, harga buket buatannya pun bervariasi, tergantung banyaknya bahan yang digunakan dan disesuaikan dengan budget konsumen. Untuk jenis buket yang akan dirangkai mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 300 ribu.

"Alhamdulilah pesanan tiap hari 15 sampai 30 buket, meningkat jika dibanding permintaan hari-hari biasa paling dibawah 15 buket. Ada juga konsumen yang datang sudah bawa isi buketnya jadi kami tinggal kerjakan tetapi kebanyakan yang pesan komplit isi buket juga bahan dari kami," katanya.

Selain moment pelepasan atau kenaikan siswa biasanya buket juga banyak dipesan pada momentum tertentu. Seperti Hari Guru, wisuda perguruan tinggi dan Hari Raya Idulfitri.

Tidak hanya produk buket yang disediakan namun ia juga menyediakan jasa pembuatan karangan bunga standing acrylic, hias frame photo, hamper untuk seserahan, snack tower, dekor mahar pernikahan, box gift, balloon bouquet, bahan kado dan masih banyak lagi yang lainnya, sesuai permintaan konsumen. 

"Produk kami bisa dipesan melalui platform Instagram @azqiara_craft31 atau datang langsung ke galeri Azqiara Craft di lingkungan Ketib Sumedang Kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara," ucapnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)