JATINUNGGAL - Warga Dusun Pasir Padang, Desa Sarimekar, Kecamatan Jatinunggal membuka lahan non produktif untuk ditanami palawija. Kurang lebih 10 hektare lahan kini sudah disiangi dan siap tanam.

Ketua kelompok tani setempat Dasman (50) menyebutkan, membuka lahan baru unyuk jadi wilayah tanam memang sudah dilakukan sejak lama. Namun biasanya lahan-lahan tersebut ditanami tanaman keras.  "Kebetulan lahan tidur begitu luas. Kita manfaatkan untuk menanam palawija yang masa panennnya cukup singkat. Bersama-petani lainnya kami menggarap sampai hektaran lahan,” ujar Dasman, Selasa (3/12).

Ia mengatakan, pemanfaatan lahan tidur menambah luas lahan tanam. Sehingga tanaman yang dibudidayakan bertambah banyak.  Proses penanaman palawija tidak begitu sulit dan pemeliharaanya pun mudah serta irit biaya.  "Lahan juga cukup disiangi, dicangkul sedikit dan dipetak-petak," katanya.

Komoditas yang akan ditanam dalam pemanfataan lahan tidur, antara,lain, jagung, ubi, singkong dan tanaman cepat panen lainnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)