Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DISNAKERTRANS - Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli membuka pelatihan bahasa dan budaya Jepang bagi 120 peserta magang ke Jepang dari Kabupaten Sumedang. Pembukaan  pelatihan dipusatkan di aula kantor Balai Tenaga Kerja (BLK) Desa Rancamulya Sumedang Utara,  Senin 5 Agustus 2024. Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Asda Pemkesra Setda Sumedang Asep Uus, Kadisnakertrans Taufik Selamat Hidayat dan juga hadir orang tua peserta. Pelatihan dan bahasa Jepang ini rencananya akan dilaksanakan selama 6 bulan oleh Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) yang telah ditunjuk. 

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan, pelatihan bahasa dan budaya ini penting dilakukan guna mendapatkan tenaga kerja yang kompeten, profesional dan berdaya saing tinggi. Selain itu lanjut Pj Bupati penguasaan bahasa dan budaya ini penting agar tenaga kerja bisa diterima dengan baik ditempat kerja. "Pemerintah hadir.  Disnakertrans mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Sumedang. Ke depan angka pengangguran di Sumedang bisa nol persen dan  mencegah kemiskinan," katanya.

Pj Bupati Yudia berpesan kepada semua peserta untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sungguh sungguh. "Silakan serap ilmu dari nara sumber dan instruktur dan mudah mudah selesai pelatihan semua peserta bisa menguasai bahasa dan budaya Jepang," katanya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)