Penulis: Pupuh S Wijaya| Editor: Vera Suciati

Sumedang - Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli, menegaskan akan pentingnya kolaborasi lintas institusi untuk mendukung kesehatan masyarakat.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Bakti Sosial (Baksos) Pemeriksaan Gigi dan Operasi Bibir Sumbing yang digelar oleh Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam rangka Dies Natalis ke-67 di Rumah Sakit Unpad, Jatinangor, Sabtu, 31 Agustus 2024.

“Kegiatan seperti ini bukan hanya tentang kesehatan, tetapi tentang kekuatan sinergi antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat. Dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan daerah yang lebih kuat,” ujar Yudia Ramli dalam sambutannya.

Yudia Ramli menyampaikan kehadirannya adalah bukti dukungan pemerintah terhadap inisiatif Unpad dalam mengangkat derajat kesehatan masyarakat.

"Kami ingin memperkuat sinergi antara pemerintah dan dunia akademik di Sumedang untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang lebih baik,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan rencana kolaborasi lebih lanjut antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Unpad, termasuk dalam pengembangan pendidikan, laboratorium pangan, dan pelayanan kesehatan hewan. 

“Kami berencana membangun laboratorium padi, ubi, dan kopi di Sumedang dan ini akan lebih efektif jika kita bekerja sama dengan Unpad. Selain itu, kami juga ingin mendukung operasional rumah sakit hewan di Unpad yang memiliki potensi besar dalam mendukung kesehatan hewan di Sumedang,” jelas Yudia.

Rektor Unpad, Rina Indiastuti, juga menyampaikan komitmen universitas untuk terus aktif dalam kegiatan sosial dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. “Unpad akan terus menjadi pionir dalam gerakan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas, dan kami siap untuk bersinergi lebih jauh dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam berbagai bidang, termasuk kesehatan dan pangan,” kata Rina.

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan masyarakat Sumedang dapat menikmati layanan kesehatan yang lebih baik dan akses yang lebih mudah terhadap sumber daya pendidikan dan teknologi. Acara ini bukan hanya menjadi perayaan akademik, tetapi juga momentum untuk memperkuat sinergi demi kesejahteraan masyarakat Sumedang.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)