Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

ALUN-ALUN - Car Free Day (CFD) yang vakum selama empat tahun kembali digelar di sepanjang jalan Prabu Geusan Ulun mulai Bundaran Binokasih sampai kawasan Alun-alun Sumedang, Minggu (14/7/2024) pagi. Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli membuka ujicoba CFD di kawasan Alun-alun Sumedang mulai pukul 06.00-10.00 WIB.

CFD dibuka dengan senam pagi, jalan sehat, sepeda santai, gelar UMKM, zona pelayanan publik, serta pertunjukan seni dan budaya.  CFD membuka ruang publik bagi masyarakat untuk berolahraga dan beraktivitas lainnya serta mengurangi ketergantungan warga  terhadap kendaraan bermotor. "Dengan adanya CFD ini, masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan,"ujar Pj Bupati Yudia Ramli.

Pj. Bupati juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut serta dalam persiapan acara ini. Tanpa kerja keras dan kerjasama dari semua pihak, CFD ini tidak akan terwujud. "Program CFD yang diluncurkan hari ini bukan hanya sekedar kegiatan rutin, namun merupakan upaya konkret kita untuk lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat,"kata Yudia.

Dengan menutup jalan-jalan tertentu untuk kendaraan bermotor setiap minggunya, lanjut dia, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk beraktivitas secara aktif, sekaligus mengurangi polusi udara yang semakin mengkhawatirkan. “Jadikan kegiatan ini sebagai wadah berinteraksi dengan sesama,  olahraga dan menikmati kesegaran pagi. Saya yakin dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan lestari untuk generasi yang akan datang," katanya. [*]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)