Penulis : Arindi | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli didampingi Plh Sekretaris Daerah Tuti Ruswati melaksanakan pembinaan dan evaluasi terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Sumedang di Ruang Rapat Cakrabuana, PPS, Senin (29/4/2024). Hadir dalam evaluasi tersebut, jajaran Direksi dan Dewan Pengawas dari masing-masing BUMD  Bank Sumedang, PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM), PT Kampung Makmur dan PDAM Tirta Medal.

Pj Bupati Yudia Ramli menyebutkan, dari empat BUMD  tiga diantaranya berkinerja positif. “Tinggal satu BUMD yang akan dikawal dan dukungannya lebih ketat," ujar Pj Bupati Yudia.

Menurutnya,  keberagaman usaha BUMD  perlu adanya optimalisasi di masing-masing bidang. "Dari sembilan core busines-nya, hanya baru tiga yang jalan. Makanya akan difokuskan," ujar Pj Bupati Yudia.

Dengan upaya tersebut, Pj Bupati Sumedang  berharap semua BUMD dapat berkontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumedang. "Mudah-mudahan ke depan BUMD Sumedang memiliki daya ungkit terhadap PAD Kabupaten Sumedang," kata Yudia.

Sementara itu, Plh Sekda Tuti Ruswati  menyebutkan, pemerintah daerah sudah rutin melaksanakan evaluasi sebagai salah satu tugas dan kewenangan selaku pemilik BUMD. “Sebetulnya setiap BUMD dievaluasi. Tetapi evaluasi secara keseluruhan berbarengan sudah lama tidak. Ini adalah kesempatan yang bagus," kata Tuti.

Menurutnya, pengalaman Pj Bupati Yudia Ramli pernah menjabat sebagai Direktur BUMD dan BLUD di Kementrian Dalam Negeri menjadi nilai tambah dalam pembinaan terhadap BUMD Kabupaten Sumedang. “Tentunya Pak Pj banyak sekali pengalaman jejaring yang bisa memberikan pencerahan kepada kita sehingga Pak Pj Bupati ingin melihat perkembangan sekaligus mengevaluasi potret BUMD saat ini," ucapnya.

Pj Bupati dalam kesempatan tersebut banyak memberikan masukan demi kemajuan BUMD Sumedang. "Pj Bupati memberikan saran, arahan, kebijakan untuk lebih mengembangkan lagi, agar lebih sehat dan produktif. Intinya (agar) BUMD di Sumedang menjadi motor penggerak roda perekonomian di daerah,” katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)