Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

DARMARAJA - Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli kunjungan kerja  pembinaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kecamatan Cibugel dan Darmaraja,  Selasa (23/7/2024). Pembinaan SAKIP ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang SAKIP kepada seluruh jajaran pemerintahan di kecamatan.

Pj Bupati Yudia Ramli memberikan arahan tentang pentingnya SAKIP dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan daerah. Diharapkan dengan adanya pembinaan ini, kualitas pengelolaan keuangan dan kinerja pemerintahan di kecamatan tersebut dapat ditingkatkan. “SAKIP tidak hanya difokuskan pada output dan eviden semata tetapi harus mampu menjadi daya ungkit yang nyata terhadap kesejahteraan masyarakat Sumedang,” katanya.

Menurutnya, harus ada keseimbangan antara output, eviden, dan outcome dalam setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan. “Bukan hanya sekadar angka-angka atau statistik belaka. Sehingga hasil yang dicapai setiap kegiatan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pj. Bupati Yudia menambahkan, dengan memperkuat aspek outcome dalam SAKIP, pemerintah daerah akan lebih mampu mengukur efektivitas dan dampak dari setiap kebijakan yang diterapkan. Hal ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam perumusan kebijakan yang lebih tepat sasaran dan berdampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat.

“SAKIP dapat menjadi instrumen efektif untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup seluruh warga Sumedang. Semua pihak diharapkan dapat bersinergi dan bekerja sama untuk mencapai visi pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan di daerah ini," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)