Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

Pj.Bupati Sumedang Yudia Ramli  menjadi khatib sekaligus imam Salat Jumat di Masjid Agung Sumedang, Jumat (3/4/2024). Pj Yudia menyampaikan khotbah Jumat tentang Membangun Sumedang Meneladani 4 Pondasi Ajaran Rasulullah SAW di Madinah.

Yudia yang mengenakan baju koko berwarna putih dan berkain sarung di mimbar Jumat menyampaikan khotbahnya, jika ingin melihat komunitas ibadah di masjid yang memiliki dampak terhadap perubahan sosial dan membentuk kesalehan sosial, Rasulullah telah memberikan teladan bagaimana membangun Madinah yang terbelakang menjadi kota yang berperadaban.  “Komunitas yang kuat harus dibangun atas dasar mahabbah atau kecintaan sebagai sumber kekuatan kesolidan komunitas,” kata Yudia.

Dalam khotbahnya, Pj Bupati Yudia mengutip sebuah hadis, Rasulullah bersabda, wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam diantara kalian, berikanlah makanan diantara kalian, sambungkanlah silaturahim, dan salat malamlah ketika manusia tidur maka kalian masuk surga dengan selamat. “ Menyebarkan salam adalah awal komunikasi yang cerdas untuk membangun hubungan yang baik. Karena dengan salam yang menyejukan akan memunculkan simpati dan empati. Inilah kekuatan salam, bukan hanya kekuatan yang efektif tetapi pupuk cinta sesama muslim. Bahkan cinta itu bisa datang dari saudara kita yang non muslim,"katanya.

Dikatakan Yudia, Rasulullah SAW bersabda untuk menyebarkan salam, memberikan makanan dan menyambung tali silaturahim. Hal inilah yang menjadi rahasia perubahan masyarakat Madinah.  "Silaturahmi akan melahirkan komunitas yang saling menasehati  dalam kebaikan, saling berlomba dalam beribadah dan berlomba dalam membangun kinerja hakiki dalam melaksanakan pekerjaan,"ujarnya.

Di penutup khotbahnya, Pj Bupati Yudia berharap  Sumedang bersinar seperti bersinarnya Madinah.

Wakil Ketua DKM Masjid Agung HM Endang Hasanuddin mengaku salut dengan Pj Bupati Yudia Ramli. “Beliau meminta jadwal untuk menjadi khatib dan imam Salat Jumat di Masjid Agung Sumedang. Semoga beliau membawa keberkahan yang besar bagi Kabupaten Sumedang,” kata Endang. 

Sekretaris DKM Masjid Agung Sumedang Cucu Samsu mengaku senang dengan hadirnya Pj Bupati sebagai khatib dan imam Salat Jumat di Masjid Agung Sumedang. “Tentunya kami sangat bangga dan  menjadi sebuah kehormatan, Bapak Pj Bupati Sumedang memimpin pelaksanaan Salat Jumat ini,”ujarnya. [*].

(penerbit: sumedangkab.go.id)