Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

DISDIK - Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli  meninjau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negeri 1 Sumedang, Senin (15/7/2024). Pj Bupati Yudia berdialog dengan para siswa baru dan guru, serta memantau jalannya kegiatan MPLS termasuk dalam sesi sesi perkenalan, ice breaking, dan pembekalan terkait aturan dan budaya sekolah. “Saya sangat mengapresiasi MPLS ini. Dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan saya berharap para siswa baru merasa diterima dan nyaman di lingkungan sekolah barunya, seperti rumah kedua," ujar Pj Bupati Yudia.

Menurutnya, MPLS ini sangat penting dalam memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru dan membangun kebersamaan di antara siswa dan guru. Ia  juga menekankan agar tidak ada perundungan atau perpeloncoan terhadap peserta didik dalam MPLS. "Saya harap tidak ada lagi praktik perploncoan seperti jaman dulu. Saya minta kepada kepala sekolah beserta jajaran guru untuk mengawasi agar mereka bisa merasa nyaman berada di sekolah,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Sumedang Edeng Sutarya menuturkan, MPLS di SMP Negeri 1 dilaksanakan selama tiga hari penuh dari hari Senin-Rabu (15-17 Juli 2024).  MPLS ini diikuti seluruh peserta didik baru kelas VII dengan jumlah 362 orang yang terdiri dari laki-laki 162 orang perempuan 180 orang. "Kegiatan ini diikuti 362 siswa baru. Beberapa kegiatan dalam MPLS  diantaranya pendidikan karakater dan profil pelajar pancasila, cara belajar efektif, penggunaan IT, stop bullying, unjuk kabisa, talkshow dll," katanya

Ketua Pelaksana MPLS SMPN 1 Sumedang Arif Rahman mengatakan tema MPLS SMPN 1 Sumedang kali ini mengangkat tema Berkarakter Kece, Percaya Diri Selalu. Kolaborasi Orang Tua dan Sekolah di Masa Pengenalan, Menuju Pelajar yang Kece dan Pede. "Kami sangat bangga melihat semangat dan keceriaan para siswa selama MPLS. Semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal berharga bagi mereka dalam mengarungi dunia pendidikan di SMPN 1 Sumedang," ungkapnya.

Salah seorang siswa peserta MPLS, Chika merasa sangat senang bisa mengikuti MPLS ini. Ia mengatakan, MPLS ini memberikan pengalaman berkesan sebelum memulai pembelajaran. "Saya merasa senang, acara acara-acaranya juga sangat seru dan bisa kenal dengan banyak teman baru. Semoga setelah ini kita semua bisa semakin akrab dan sukses bersama di SMPN 1 Sumedang," katanya. [*]

. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)