Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

MUSEUM - Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli menerima Silsilah Kerajaan Sumedang Larang dari Sri Radya Pangawulan Sumedang Larang, H.R.I Lukman Soemadisoeria di Gedung Srimanganti, Rabu (10/7/2024). Dengan menerima silsilah ini Pj Bupati Yudia berhak menyandang gelar Raden. "Penyerahan Silsilah ini setelah dilakukan penelusuran dan verifikasi oleh tim silsilah asli Keraton Sumedang Larang dan tim Silsilah keluarga pak pj bupati," kata Sri Radya Lukman.

Maha Patih Karaton Sumedang Larang, R. Lily Damhur Soemadilaga, yang membacakan silsilah menambahkan, setelah dilakukan verifikasi, dipastikan bahwa Pj Bupati Yudia Ramli adalah keturunan. "Sangat benar sekali bahwa H. R. Yudia Ramli merupakan keturunan dari Sumedang Larang, keturunan raja pertama Sumedang Larang yaitu Prabu Tadjimalela. Setelah penyerahan silsilah ini mudah-mudahan lebih merekatkan tali silaturahmi antara kami," ujarnya.

Sementara itu Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan, pengakuan yang diberikan Karaton Sumedang Larang tersebut menurutnya sebagai suatu anugerah.
"Penyerahanan silsilah Karaton Sumedang Larang ini merupakan suatu anugerah buat saya. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan sinergitas antara Karaton dengan Pemkab Sumedang dalam penyelenggaraan program-program Pemkab Sumedang," kata Pj Bupati Yudia.

Pj Bupati Yudia pun menyambut baik ajakan Karaton Sumedang Larang untuk bersinergi membangun Sumedang, dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di Sumedang."Karena potensi itu tidak bisa dilakukan oleh hanya Pemerintah Kabupaten Sumedang sendiri, kami harus bersinergi berkolaborasi dengan semua lini potensi yang ada di Sumedang, dan yang utama bagaimana Karaton Sumedang Larang ini ingin membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)