Penulis : Ade Widi | Editor : Deddi Rustandi 

JATINANGOR - Gelar Produk Unggulan Desa memeriahkan Hari Jadi ke-89 Kecamatan Jatinangor sekaligus peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia digelar di halaman kantor kecamatan, Kamis (6/6/2024). Produk unggulan UMKM yang dipamerkan merupakan program One Villager One Product (OVOP) yang melibatkan para mahasiswa yang sedang menggelar KKN Tematik .

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli yang membuka pameran menyebutkan, program OVOP merupakan  penggalian potensi desa dengan cara berinovasi dan berkolaborasi agar setiap desa dapat tumbuh dan berkembang dalam skala usaha.  “Program ini dikolaborasikan dengan KKN Tematik Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa sehingga desa terpacu untuk meningkatkan daya saing produk unggulan desa,” kata Pj Bupati Yudia.

Produk UMKM unggulan yang ditampilkan Desa Cilayung  adalah olahan Ladu Cilayung (Duyung). Desa Jatiroke  dengan produk Travel and Go Kopi Gugeuls, Desa Cintamulya dengan olahan donat hand made, Desa Mekargalih produk Yogurt. Desa Sayang menampilkan susu ubi sayang dan Desa Cikeruh dengan produk olahan makanan ringan.

Yudia meyakini, produk unggulan UMKM r ini akan memberikan motivasi yang cukup besar dalam menumbuhkembangkan usaha yang ditekuni agar menjadi lebih baik. “Manfaatkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada serta sarana dan prasarana yang memadai maka produk unggulan  akan mempunyai daya saing kuat di pasaran sehingga akan menggeliatkan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Camat Jatinangor Herry Dewantara menyebutkan,  Gelar Produk Unggulan Desa merupakan upaya  mengatualisasikan salah satu capaian KKN Tematik Tahun 2024 di enam lokasi di wilayah Kecamatan Jatinangor. "Selain diikuti oleh enam desa lokasi KKN Tematik tahun 2024 juga diikuti oleh enam desa lainnya yaitu Desa Cileles yang merupakan lokasi KKN Tematik periode pertama Tahun 2023 yaitu Desa Cibeusi, Desa Cipacing, Desa Jatimukti, Desa Cisempur dan Desa Hegarmanah,"jelasnya.

Selain gelar produk unggulan desa,  diselenggarakan pula layanan Adminduk salah satunya layanan identitas kependudukan, donor darah, layanan kesehatan gratis, layanan Perbankan dan layanan lainnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)