Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISKANAK - Program pemberian bantuan ayam sentul bagi desa/kelurahan sudah mulai direalisasikan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang.

Kepala Diskanak Sumedang, Tono Suhartono, menyebutkan bantuan ayam sentul bagi 277 desa/kelurahan ini dilakukan secara bertahap dan beberapa kecamatan sudah mulai menerima seperti Surian, Cisitu dan Buahdua.

"Penerima bantuan merupakan kelompok ternak dimana anggotanya keluarga yang masuk DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial) dibuktikan dengan surat keterangan yang ditanda tangan oleh kepala desa," jelas Tono, Jumat, 28 Juni 2024.

Menurut  Tono, bantuan ini akan diberikan ke masing-masing kelompok sebanyak 40 ekor ayam sentul yang selanjutnya dipelihara oleh kelompok. Ayam sentul ini dimanfaatkan telurnya dan ketika sudah tidak produktif bisa dimanfaatkan dagingnya.

Tono pun berharap bantuan ayam sentul ini nantinya bisa turut meningkatkan pendapatan anggota kelompok yang pada gilirannya dapat menurunkan angka kemiskinan. 

"Jadi tolong ayam ayam ini dipelihara dengan baik hingga bisa tetap produktif menghasilkan telur dan telurnya bisa dijual untuk menambah pendapatan keluarga," jelasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)