PUPR - Usulan perbaikan dan peningkatkan Daerah Irigasi (DI) dari desa dan kecamatan hingga akhir tahun 2019 lalu yang masuk ke Dinas PUPR kabupaten Sumedang mencapai kurang lebih 200 usulan. Untuk menindaklanjutinya menurut Kasie Perencanaan Bidang SDA Dinas PUPR Dadang Sulaeman telah diusullan ke Provinsi untuk direalisasikan tahun 2021. "Memang cukup banyak usulan perbaikan dan peningkatan DI ini dan jumlahnya kurang lebih mencapai 200 usulan yang tersebar diberbagai kecamatan," terang Dadang Sulaeman Minggu (8/3/2020).

Ditambahkannya DI yang diusulkan untuk perbaikan tersebut mulai dati bendung saluran termasuk juga bantaran saluran yang mengalami rusak baik itu lama tak diperbaiki maupun yang terkena bencana alam.  "Adapun jenis kerusakannya variatif ada yang rusak ringan, sedang bahkan berat, tak heran bila Desa maupun kecamatan mangajukan untuk perbaikan ," tambahnya.

Sejauh ini lanjut Dadang pihaknya memang berharap usulan yang telah disampaikan ke provinsi ini dapat teramomodir sehingga tahun 2021 Sumedang mendapatkan banyak alokasi. "Bagaimanapun juga kelancaran DI ini akan mempengaruhi hasil pertanian masyarakat mengingat air menjadi kebutuhan pokok dalam bertani padi," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Dadang berdasarkan data yang telah dilakukan pihak konsultan, kurang lebih ada 600 DI di kabupaten Sumedang dan sebagian memang mengalami kerusakan.   (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)