PAMULIHAN - Danrem 062/Tarumanaga Kolonel Inf. Parwito memimpin gerakan penghijauan di blok Patambon Hutan Taman Buru Kareumbi, Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan, Rabu (18/12). Sebanyak 17.149 bibit pohon ditanam di areal seluas 137,19 hektare.

Selain di Blok Patambon, penanaman juga dilakukan di Blok Legok Uri dan Blok Legok Ahum.  "Dulu pada awalnya hutan ini merupakan hutan pinus, mengingat sudah ada beberapa pohon yang sudah ditebang sehingga tanaman tersebut berkurang," kata Danrem.

Kegiatan juga dihadiri Dandim 0610/Sumedang Letkol. Arh. Novianto Firmansyah, Kepala BKSDA Ammy Nurwati, Kepala BPDAS Rukmana Dayadi, Camat Pamulihan, Kepala Desa Pamulihan beserta Kelompok Tani Hutan Kareumbi Agung. "Padahal tanaman ini sangat vital untuk sumber mata air, buat penghidupan bagi masyarakat yang ada disekitar sini. Lebih jauhnya sebagai upaya mencegah bencana tanah longsor, kekeringan, dan sebagainya," ujarnya.

Asapun bibit pohon yang ditanam diantaranya pohon salam, kayu manis, pulai, kisireum, kicangkudu, rasamala, puspa, kiteja, dan mahoni. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)