Penulis : Arindi | Editor : Deddi Rustandi

CISITU - Rumah milik Umi (50) warga  Dusun Nangerang, Desa Cinangsi, Kecamatan Cisitu yang juga digunakan sebagai Madrasah Diniyah Takmiliyah mendapatkan bantuan untuk diperbaiki.

Pj Bupati Yudia Ramli didampingi Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas meninjau rumah Umi yang kondisinya sudah memprihatikan dan tidak layak huni pada Jumat (7/6/2024). Rumah tersebut mengalami retak di berbagai sudut dan atapnya sudah mulai lapuk dimakan usia, padahal sehari-hari digunakan untuk mengajar ngaji santri MDT Az-Zahra yang jumlahnya 28 orang.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Yudia Ramli memberikan bantuan sebesar Rp 10 Juta untuk membantu renovasi rumah tersebut seraya meminta partisipasi masyarakat dalam perbaikannya nanti. “Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan dan membantu untuk renovasi rumah ibu. Saya juga harapkan partisipasinya dari masyarakat untuk turut bergotong-royong merenovasi rumahnya,” kata Yudia.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas menyebutkan, di balik perasaan prihatin melihat kondisi rumah Umi yang sekaligus pengelola DTA Az-Zahra, namun ia juga merasa bangga atas semangat Umi dan santri-santrinya untuk tetap mengaji. “Dengan bangunan yang tidak repesentatif, tetapi tetap bersemangat bagaimana berikhtiar mengajar anak-anak agar sholeh dan sholehah," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi pengorbanan Umi yang bersedia rumahnya dijadikan madrasah dengan segala keterbatasan. "Luar biasa untuk pengorbanannya. Rumahnya dibongkar dijadikan untuk  bangunan mengajar anak-anak mengaji," tuturnya.

Ayi pun berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat dan fasilitasnya lebih permanen dan nyaman. "Mudah-mudahan dengan bantuan donasi, bisa lebih representatif, belajarnya lebih nyaman. Bisa menciptakan lulusannya lebih berkualitas dan mencetak anak sholeh sholehah dalam mennyongsong masa depan yang gemilang,” katanya. [*]
 

(penerbit: sumedangkab.go.id)