CIMALAKA - Satgas Covid 19 Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka sudah mulai melakukan pemulasaraan jenazah terkonfirmasi Covid-19. "Hal ini dilakukan sesuai keputusan yang diambil Satgas Covid 19 Kabupaten Sumedang terkait pemulasaraan jenezah terkonfirmasi covid yang saat ini bisa dilakukan Satgas Kecamatan dan Desa, walaupun dalam pelaksanaannya sebelum keputusan tersebut ada, Satgas Desa Cibeureum Kulon sudah melakukannya secara mandiri," kata Kepada Desa Cibeureum Kulon Gun Gun, Senin (12/7/2021).

Sejauh ini, lanjut Gun Gun, sudah ada tiga Jenazah terkonfirmasi positif Covid-19 yang pemulasaraanya dilakukan oleh Satgas Covid-19 Desa secara mandiri. Dijelaskan Gun gun dilakukan pemulasaraan jenazah cogid 19 oleh Satgas Desa memang cukup berdampak pada anggaran desa dimana pihaknya harus kembali melakukan recofusing anggaran 2021, diantaranya untuk pengadaan APD seperti Hazmat dan kelengkapan lainnya. 

Selain untuk APD lanjut Gun gun, pihak Desa pun mengganggarkan dana untuk menyediakan Oxigen Concentrator dalam upaya mengantisipasi lonjakan warga yang mengalami sesak terindikasi Covid-19. Sementara itu dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19 khususnya di Desa Cibeureum Kulon, pihaknya juga terus melakukan edukasi kepada warga agar tidak kendor menerapkan protokol kesehatan.

Diapun berharap masyarakat Desa Cibeureum Kulon agar patuh terhadap segala peraturan dimasa PPKM Darurat yang berlangsung sejak 3-20 Juli ini agar dapat berlangsung dengan maksimal. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)