Penulis : Arindi | Editor : Deddi Rustandi

CISITU - Pembinaan dan pengembangan seni budaya bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tetapi merupakan tanggung jawab  bersama seluruh eleman masyarakat. “Terutama bagi para seniman, budayawan dan organisasi yang bergerak di bidang seni budaya Sunda. Sehingga mampu mendukung upaya-upaya pewarisan seni tradisi Sunda yang sesungguhnya  sangat potensial dalam meningkatkan laju pertumbuhan pariwisata daerah,” kata Pj Bupati Yudia Ramli saat Milangkala ke-23 Kecamatan Cisitu dan Gelar Budaya Tahun 2024 di Halaman Kecamatan Cisitu. Jumat (7/6/2024).

Yudia Ramli menyebutkan, sehubungan dengan hal tersebut ia mendukung atas penyelengaraan kegiatan Gelar Seni dan Budaya Kecamatan Cisitu ini. "Selain merupakan media hiburan kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk lebih mengembangkan seni dan budaya asli leluhur sebagai potensi unggulan yang kita miliki,” kata Yudia.

Yudia Ramli berharap, momen seperti ini tidak hanya sebagai kegiatan rutinitas akan tetapi perlu didukung oleh idealisme, profesionalitas serta memperhatikan realita objektif. “Sehingga lebih mengarah kepada proses penyadaran dan pencerahan budaya yang berorentasi pada sektor pengembangang lain. Terutama peningkatan sumber daya seniman  sebagai tonggak dalam menjaga,membina dan mengembangkan pewarisan nilai-nilai kehormatan budaya leluhur,” ujar Yudia.

Terakhir Pj Yudia Ramli, mengucapkan selamat atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk Kecamatan Cisitu yang Milangkala ke 23 kepada warga masyarakat dan jajaran pemerintah Kecamatan Cisitu. “Semoga bertambahnya usia Kecamatan Cisitu dapat lebih meningkat kiprahnya untuk mengisi era pembangunan berkelanjutan guna mewujudkan keberdayaan dan kesejahteran masyarakat. Kita berharap dari tahun ke tahun pertambahan usia yang sudah dan akan dilalui  akan  semakin memberikan kemangfaatan bagi masyarakat,” katanya

Dalam Milangkala Kecamatan Cisitu berbagai gelaran ditampilkan mulai Tari Umbul, Pameran UMKM, Turnamen Bolla Volly dan kegiatan lainnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)