KOTA - Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman memantau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di SDN Pakuwon 1 dan SMPN 4 Sumedang Rabu (1/9/2021).

Menurut sekda , sekolah relatif memiliki desain khusus dalam pembelajaran karena para guru dibekali ilmu pedagogik dan lainnya. Oleh karena itu, kepala sekolah disarankan agar membangun komunikasi dengan orang tua, masyarakat, RW dan RT sehingga anak-anak bisa belajar dengan terarah walaupun sambil bermain.

"Antara (pendidikan) formal, informal dan non formal harus sinergi. Kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat harus bahu membahu ikut mengawal, memastikan anak-anak mendapatkan pembelajaran yang baik," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga mendorong Dinas Pendidikan agar menyiapkan desain yang bagus sehingga memanfaatkan musibah pandemi menjadi berkah untuk pendidikan.

Lebih lanjut dikatakan Sekda berdasarkan hasil pantauan di dua sekolah, para peserta didik sudah relatif bersahabat dengan protokol kesehatan bagaimana mereka menjaga jarak, mencuci tangan dan lainnya.

"Mereka tahu apa itu protokol kesehatan dan bagaimana mereka menerapkannya. Saya kira ini modal utama untuk menjamin efektivitas pembelajaran tatap muka langsung," tuturnya.

Namun demikian, jelas Sekda anak-anak harus terus dibimbing selama PTM dan terus dipantau. (edk).

(penerbit: sumedangkab.go.id)