SUMEDANG - Rabu, (23/06/2021) Vaksinasi Covid-19 sangat penting bagi lansia karena kelompok usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi virus Corona. Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk Covid-19. Itulah sebabnya, lansia menjadi prioritas untuk menerima vaksin ini.
 
Vaksin Covid-19 yang sudah tersedia dan sudah didistribusikan di Indonesia saat ini adalah vaksin CoronaVac dari Sinovac. Badan POM juga sudah mengeluarkan izin bagi vaksin Sinovac untuk digunakan pada lansia. Izin ini dikeluarkan oleh BPOM karena vaksin Sinovac sudah menyelesaikan uji klinis yang melibatkan ± 400 orang lansia sehat (usia di atas 60 tahun). Vaksin diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak 28 hari.
 
Pemerintah Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Tim vaksin PKM Kecamatan Sumedang Selatan telah melaksanakan pemberian vaksin kepada 150 lansia di wilayah Desa Sukajaya. 
 
Kepala Desa Sukajaya (Nenden Dewi Raspati.,SH) menyampaikan, pemberian vaksin Covid-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menghentikan rantai penyebaran virus Corona di Kabupaten Sumedang, terutama pada orang-orang yang berisiko tinggi yang mengalami penyakit berat atau kematian akibat virus ini, seperti lansia.
 
Kami akan terus berupaya melaksanakan percepatan vaksinasi dengan sasaran lansia dan pelayan publik dengan harapan warga yang menjadi sasaran program vaksinasi dapat mengikutinya, dan diharapkan semua stakeholder bisa bekerja sama terutama pengurus RT/RW, kader kesehatan, karang taruna serta lainnya bisa terus aktif menggalang keikutsertaan dalam pelaksanaan vaksinasi, dan apabila ada warganya bergejala silakan datang ke posko posko tingkat RW yang telah di sediakan, dan nanti Apratur desa dan TIM vaksin Puskesmas akan segera menanganinya. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)