Penulis : Ade Widi | Editor : Deddi Rustandi

BKPSDM - Kabupaten Sumedang kembali menjadi lokus Studi Lapangan (Stula) Pelatihan Kepemimpinan dari luar daerah. Kali ini yang datang ke Sumedang adalah para peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA)  Angkatan I Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi dan peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP)  Angkatan V Pemerintah Kota Mojokerto Tahun 2024.

Rombongan Stula diterima langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Hj Tuti Ruswati didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ate Hadan Adi Gunawan di Aula Tampomas, Rabu (5/6/2024).

Tuti mengucapkan, terima kasih karena telah menjadikan Sumedang sebagai lokus Stula PKA dan PKP mengenai penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). "Terima kasih. Kesempatan seperti ini menjadi momen yang sangat berharga untuk bertukar pikiran dan belajar bersama," ungkap Tuti.

Menurutnya, Kabupaten Sumedang  berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik. "Dalam menghadapi berbagai tantangan, Pemkab Sumedang terus berupaya untuk mengembangkan inovasi dan meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

Tuti berharap, melalui studi lapangan tersebut, para peserta dapat memperoleh wawasan baru, pengalaman berharga, serta inspirasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin di lingkungan pemerintahan masing-masing. "Semoga apa yang kami berikan selama kunjungan ini dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang berbagai program dan inovasi yang telah kami lakukan di Kabupaten Sumedang," tuturnya.

Sementara itu, Kepala PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi H. Sarjayadi menyebutkan, kegiatan Stula memfasilitasi para peserta mengaktualisasikan kepemimpinan manajemen kinerja untuk mendukung pelaksanaan tugas memimpin kegiatan pelayanan publik. "Kegiatan ini dilaksanakan dimulai dengan pembekalan tahapan pembelajaran studi lapangan, ceramah studi lapangan, kunjungan lapangan,pemetaan kinerja organisasi dan perumusan keunggulan strategi kinerja organisasi," ujarnya.

Dijelaskannya, Stula dilaksanakan mulai dari tanggal 4 sampai 8 Juni 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. "Rencananya kami akan melakukan Studi Lapangan ke beberapa lokus dibeberapa OPD Pemerintah Kabupaten Sumedang, diantaranya Diskominfosanditik, Bapppeda dan BKPSDM," imbuhnya.

Kepala BKPSDM Kota Mojokerto Muhammad Imron mengucapkan terima kasih atas penerimaan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dan kesediaannya untuk berbagi. "Kami merasa Sumedang menjadi tempat yang paling cocok untuk dijadikan tempat lokus, karena keberhasilan yang ada di Sumedang tentunya dibangun dari digital leadership," ucapnya.

Menurut Imron, Kabupaten Sumedang telah berhasil menjadikan Platform digital menjadi alat untuk  Peningkatkan SDM yang unggul. "Kabupaten Sumedang bisa mencermati peluang yang ada sehingga bisa meningkatkan pelayanan untuk kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa para peserta PKP berjumlah 35 orang, dimana kebanyakan merupakan aparatur kelurahan. "Kebanyakan peserta kami yaitu dari kelurahan karena di tempat kami kelurahan menjadi garda terdepan dalam pelayanan masyarakat," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)