Penulis : Ade Widi | Editor : Deddi Rustandi

Pemda Kabupaten Sumedang yakin mempertahankan kembali lima besar bahkan bisa naik  dalam penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2023. Sudah 2 minggu Tim Daerah Provinsi Jawa Barat Provinsi Jawa Barat melakukan penilaian dan Jumat (3/5/2024)   penutupan EPPD Tahun 2023.

EPPD Kabupaten Sumedang sudah dinilai selama dua minggu oleh Tim Daerah Provinsi Jawa Barat Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Ketua TIM dari Biro Pemotda Provinsi Jabar Akhmad Fauzi. "Alhamdulilah nilai Kabupaten Sumedang masih bagus tingkat nasional, namun ada beberapa cacatan yang harus ditindaklanjuti,” kata Plh Sekda Sumedang Hj Tuti Ruswati saat  penutupan EPPD Tahun 2023  di Ruang Kerja Sekretaris Daerah, Jumat (3/5/2024).

EPPD terkait dengan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Sumedang Tahun Anggaran 2023.  Tuti berkomitmen bersama-sama dengan para Sekretaris di tiap SKPD untuk terus menindaklanjuti dan melakukan perbaikan dari. "Saya yakin Kabupaten Sumedang bisa kembali masuk lima besar bahkan lebih ditingkatkan kembali, "imbuhnya.

Tuti juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Daerah Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan masukan dan arahan bagi Kabupaten Sumedang terutama dalam mengawal kabupaten Sumedang berada besar di 5 besar.

Sementara itu, Ketua Tim  Akhmad Fauzi mengatakan, Pemda  Kabupaten Sumedang agar melaksanakan bimbingan teknis, sosialisasi atau FGD terkait penyusunan LPPD berdasarkan Pedoman Teknis LPPD khususnya Definisi Operasional sesuai Indikator Kinerja Kunci (IKK) pada masing-masing urusan. “ Pemkab Sumedang harus menetapkan target IKK serta target kinerja ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran di masing-masing perangkat daerah,”katanya..

Menurutnya, dalam penyusunan LPPD Kabupaten Sumedang Tahun 2023 masih terdapat kekurangan terkait pengelolaan data pada beberapa urusan pemerintahan serta dukungan anggaran yang belum optimal.” Saya yakin Sumedang bisa segera menindaklanjuti kekurangan dan mempertahankan lima besar," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)