DINSOS P3A -  Sebanyak 1.210 rumah keluarga kurang mampu di wilayah Kabupaten Sumedang berhasil diperbaiki selama tahun 2019 lewat program bantuan rumah tidak layak huni (RLTH).

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Asep Muldansyah mengatakan 1.210 rumah yang diperbaiki itu tersebar di berbagai desa.     "Dari jumlah tersebut pendanaannya berasal dari berbagai sumber," kata Asep Muldansyah Sabtu (18/1/2020).

Dijelaskannya, lewat Dinsos P3A Sumedang sebanyak 682 unit bersumber dari Kemensos RI (Progam RS Rutilahu ) sebanyak 80 unit, Kemen PUPR ( Progam BSPS ) sebanyak 572 unit dan APBD sebahyak 30 unit.

Selanjutnya bantuan lewat Baznas Sumedang sebanyak 108 unit, lewat Dinas Perumahan  Kawasan Permukiman dan Pertanahan (APBD Propinsi) 400 unit, dan Festival Rutilahu Pemkab Sumedang sebanyak 20 Unit.

Menurutnya, setiap keluarga mendapatkan bantuan Rp 10 juta dan Rp 15 juta tergantung tingkat kerusakan rumah.  Sejauh ini berdasarkan pengamatan Dinsos P3A masyarakat yang yang mendapatkan bantuan stimulan dapat menyelesaikan pembanguan hingga rumahnya tampak bagus. "Karena ini sifatnya stimulan maka dalam pelaksanaan pembangunan tidak hanya mengandalkan bantuan saja, tetapi ada juga peran aktif dari masyarakat sekitar melalui swadaya," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)