Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DISKOPUKMPP - UPTD Metrologi Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (Diskop UKM PP) Kabupatem Sumedang pada tahun 2024 ini menargetkan 4.930 alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) bisa ditera ulang. Tera ulang ini penting dilakukan agar alat UTTP tersebut tetap stabil dan sesuai dengan yang dipersyaratkan sehingga tidak merugikan baik pihak konsumen maupun produsen.

Kepala UPTD Metrologi Kabupaten Sumedang Rini Komala mengatakan, target pencapaian tera ulang 4.930 alat UTTP ini didasarkan hasil pendataan yang telah dilakukan pihaknya dalam beberapa tahun terakhir ini. "Sebelumnya, kami melakukan pendataan terhadap alat UTTP di Sumedang yang sudah pernah melakukan tera ulang dan ini yang akan menjadi target kami," jelas Rini Selasa 2 Juli 2024.

Selain itu, lanjut Rini, pada tahun 2024 ini target PAD UPTD Metrologi Sumedang telah dihapus dan sebagai gantinya targetnya adalah alat UTTP. Untuk pelaksanaan tera ulang alat UTTP ini rencananya akan mulai dilaksanakan 8 Juli hingga akhir Oktober 2024. "Caranya dengan melakukan jemput bola yaitu petugas UPTD Metrologi yang datang ke kecamatan kecamatan ataupun langsung ke pasar pasar," tambah Rini.

Sejauh ini petugas pelaksana tera ulang yang dimiliki UPTD Metrologi baru ada 1 orang, jadi untuk pelayanan harus menunggu giliran. "Jadi karena petugas tera baru ada 1 orang, maka hanya ada 1 tim saja yang melakukan tera ulang untuk seluruh wilayah Sumedang dan ini yang suka menjadi kendala kami dilapangan," jelas Rini. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)