Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Ekonomi Daerah yang Tangguh Inklusif dan Berkelanjutan menjadi tema Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sumedang 2025. Musrenbang Kabupaten Sumedang merupakan forum antar pemangku kepentingan pembangunan untuk mendapatkan masukan dan saran dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD 2025.

"Tujuan yang harus dicapai di kesempatan ini menyepakati permasalahan prioritas, sasaran pembangunan daerah, program kegiatan, sub program, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi untuk pembangunan 2025," kata Kepala Bappppeda Agus Wahidin saat Musrenbang 2025 yang digelar di Aula Tampomas Setda Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Rabu 27 Maret 2024.

Menurutnya, Musrenbang juga sebagai penyelarasan antara berbagai program kegiatan dan sub kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan nasional. Secara teknokratik sebelum pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten Sumedang, telah dilaksanakan penyelarasan dengan perangkat daerah. "Rangkaian Musrenbang dari desa dan kelurahan telah dilaksanakan pada Bulan Agustus 2023 dan 'kick off' perencanaan tahun 2025 kita laksanakan secara bersama-sama tanggal 19 Januari 2024 yang lalu," jelasnya.

Dari rangkaian Musrenbang tersebut, kata Agus, pihaknya memperoleh berbagai masukan untuk proyeksi program di tahun 2025. "Rencana pembiayaan pada tahun 2025 sebanyak 143 program urusan dan 1 program penunjang sebagaimana yang telah disepakati bersama dan akan dibahas lebih lanjut," katanya. [*]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)