SITU - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta kepada warga masyarakat agar menghubungi Public Service Center (PSC) di nomor telepon 119, jika ada keluarga atau tetangga yang terkonfirmasi positif Covid-19. PSC 119 tak hanya menangani kasus kegawatdaruratan, tapi juga pasien terkonfirmasi positif Covid. "Termasuk yang positif Covid-19, PSC inilah yang mobile mengantar pasien ke rumah sakit, ke puskesmas, menjemput dari rumah pasien menggunakan ambulan," kata Dony, saat meninjau PSC 119 di Lingkungan Angkrek Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (22/6/2021).

Oleh karena itu, kata Dony, jika ada warga yang keluarga atau tetangganya terkonfirmasi positif Covid-19 agar tidak mengantar ke fasilitas kesehatan menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum. Sebab cara tersebut berpotensi menyebarkan virus korona. "Nanti PSC 119 yang akan menjemput dan mengantarkannya ke rumah sakit atau Rumah Titirah," ujarnya.

Namun kata Dony, karena saat ini kasus Covid-19 di Sumedang sedang meledak, kemungkinan akan ada waiting list. "Tapi kalau ada yang positif saya minta hubungi 119, jadi kita bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Sebelumnya, Direktur RSUD Sumedang, Aceng Solehudin mengatakan pihaknya banyak menerima pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang datang menggunakan kendaraan pribadi, bahkan angkutan umum. "Harusnya pasien-pasien ini dijemput oleh layanan 119, tapi ini banyak yang datang pakai kendaraan umum, ini tentunya sangat berbahaya karena berpotensi penularan," kata Aceng. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)