KOTA – PMI adalah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Dalam pelaksanaannya, PMI masih membutuhkan banyak dukungan dari banyak pihak lagi untuk dapat optimal menjalankan aktivitas sosial kemanusian. Untuk itu, terinsipirasi dari British Red Cross, PMI Sumedang membentuk atau membangun Gerai Donasi PMI.

“Gerai Donasi ini terinspirasi dari Organisasi Kemanusiaan British Red Cross, saat saya mengadakan kegiatan Charity Shop di Inggris," kata Ketua PMI drg, Agus Rasjidi, Minggu (31/5/2021).

Menurut Agus, Gerai Donasi PMI ini merupakan yang pertama di Jawa Barat. Gerai Donasi PMI Sumedang dikelola seluruhnya oleh relawan PMI Sumedang, mulai dari mempromosikan, sampai dengan mendistribusikan hasil dari penjualan donasi.

“Pengelolaan Gerai Donasi oleh relawan seluruhnya dan atas hal itu, saya sangat senang terharu sekali melihat semangat para relawan yang mau mengelola Derai Donasi PMI ini,” kata Agus.

Gerai Donasi diresmikan oleh Ketua PMI Jawa Barat Adang Rohjana, Sabtu kemarin, 30 Mei 2021 kemarin. Adang pun berhara kabupaten/kota lainnya juga bisa mempunyai Gerai Donasi seperti ini.

Sementara, Gerai Donasi PMI Sumedang merupakan sebuah unit usaha yang menjual barang yang layak jual, yang bersumber dari donatur, baik perorangan maupun perusahaan. Tujuannyai adalah menerima donasi dari masyarakat, dan barang tersebut akan dijual kembali di Gerai Donasi . Hasil penjualan akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam bentuk penanganan bencana dan layanan lainnya.(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)