Penulis : Puji Marliyana | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Kawasan bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan Alun-alun Sumedang akan uji coba pada hari Minggu (14/7/2024). Uji coba CFD dimulai pukul 06.00 sampai pukul 10.00 WIB. "Minggu 14 Juli ini, kami akan mulai mencoba CFD. Tadi ada beberapa masukan dan saran terkait dengan berbagai permasalahan tetapi kami mencoba mencari solusi untuk bersinergi bersama-sama sehingga pelaksanaan car free day hari minggu nanti bisa tertib dan lancar," ujar Pj. Sekda Tuti Ruswati usai memimpin rapat persiapan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau CFD di Ruang Rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, (12/7/2024).

Dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh SKPD terkait dan stakeholder, Pj Sekda Tuti menyebutkan, pihaknya akan menuangkan kembali hasil rapat tersebut ke dalam surat, beserta pembagian pengampu-pengampunya sehingga akan jelas siapa berbuat apa. "Mudah-mudahan pada pelaksanaannya nanti bisa tertib dan aman, CFD ini akan mulai dilaksanakan dari pukul 06.00 sampai dengan 10.30 WIB," katanya.

Tuti juga menyebutkan beberapa tujuan dilaksanakannya CFD adalah untuk menahan polusi kendaraan. "Kedua adalah menyediakan ruang publik bagi pejalan kaki, dan ketiga menyediakan even-even untuk peningkatan UMKM di Kabupaten Sumedang," kata Tuti.

Agar CFD tidak membludak seperti pasar tumpah, Tuti menjelaskan Pemda Sumedanng akan menyediakan space bagi para pedagang kaki lima. "Kami akan menyediakan space untuk para pedagang kaki lima, karena kami ingin meningkatkan ekonomi masyarakat," terangnya.

Tuti menambahkan zona layanan publik akan turut diterapkan pada kegiatan CFD. "Kami akan terapkan zona layanan publik di depan Mal Pelayanan Publik  dengan  menyediakan layanan-layanan berupa SIM Keliling, layanan KK dan KTP serta yang lainnya," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)