UJUNGJAYA - Pemerintah Daerah Sumedang akan membangun pusat pemerintahan Kecamatan Ujungjaya. Lokasinya berada di wilayah blok Gebang Desa Keboncau. Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan, pembangunan pusat pemerintahan Kecamatan Ujungjaya ini akan jadi percontohan pusat pemerintahan di Sumedang. "Lahan untuk rencana pusat pemerintahan Ujungjaya ini akan dibangun di tanah milik pemda, yang selama ini digunakan untuk pertanian," kata bupati, saat meninjau lokasi, Selasa (9/11/2021).

Dony mengatakan, luas lahan yang disiapkan sekitar 2,1 hektare. Ia menggambarkan, selain kantor kecamatan, di hamparan lahan yang sama juga bakal dibangun kantor lainnya, seperti KUA, koramil, polsek, masjid, pertanian, dan Alun-alun. "Sehingga ini one stop service, datang ke sini bisa dialyani berbagai institusi, mempermudah masyarakat, memberikan kenyamanan. Dan Ujungjaya ini akan menjadi prototipe nanti bagaimana pusat pemerintahan kecamatan di Sumedang," ujarnya.

Saat ini, kata Dony, prosesnya sedang dalam pematangan lahan. Namun bupati meminta pembangunan dilakukan secepatnya. Ditargetkan, pembangunan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2022. "Lahannya masih luas, saya juga menyarankan jalannya di perlebar sekitar 7 meter, ada untuk pedesterian juga.
Kanan kirinya dibuat taman buah atau agrowisata, sehingga bisa sejuk, enak masuk ke sini dan ada nilai wisatanya juga," ucapnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)