GAJAH AGUNG - Kamis, (28/10/2021). Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ikrar tersebut adalah hasil putusan rapat Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2021, bertempat di Lapangan Upacara Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang. 

Turut hadir Wakil Bupati Sumedang, Unsur Forkopimda, DPRD Kabupaten Sumedang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Para Kepala SKPD, Para Peserta Upacara dan undangan lainnya.

Sama seperti tahun lalu, upacara tersebut dilaksanakan masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga digelar dengan menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh."

Dalam sambutannya, Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM) sekaligus menjadi inspektur upacara menyampaikan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) diperingati setiap tanggal 28 Oktober. "Hal ini, merupakan sejarah perjuangan bangsa kita di antaranya Sumpah Pemuda yang mempersatukan bangsa kita, “Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa” yang menjadi inspirasi negara kita untuk merdeka," ujar Bupati Sumedang.

"Untuk itu, momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda," tandasnya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)