SUMEDANGKAB.GO.ID,RSUD - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumedang masih berupaya mengurai antrean layanan rawat jalan yang masih menjadi keluhan utama para pasien. Untuk itu, RSUD meluncurkan sebuah aplikasi bernama Koncibumi yang merupakan akoronim dari Kontrol Cicing di Bumi. Aplikasi ini melayani pasien control untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan cepat dan pengambilan obat dengan cepat pula.

"Dari semua keluhan masyarakat yang paling banyak itu masalah antrean, makannya kami berfikir untuk mengurai, sehingga bisa rapih, dan pasien yang tak perlu datang bisa menunggu di rumah," kata Direktur RSUD Aceng Solahudin, Senin (26/10/2020).

Aceng menjelaskan, Koncibumi dibuat untuk melayani pasien rawat jalan, yang sudah pernah berobat ke RSUD Sumedang. Dengan Koncuibumi pasien rawat jalan tak perlu lagi datang ke RSUD dan mengantre hanya untuk membeli obat.

Aplikasi ini membidik atau memudahkan dpasien yang kontrol, yang belum stabil, an yang belum dikembalikan ke puskesmas. Pasien yang memerlukan obat hanya perlu mendaftar melalui aplikasi Koncibumi, kemudian obat akan diantar ke tempat tinggal pasien oleh kurir lokal di Sumedang. Saat ini sudah disiapkan satu unit armada kendaraan roda dua untuk mengantarkan obat kepada pasien. Rencananya jumlah armada akan ditambah sampai lima unit.

"Aplikasi ini sudah terkoneksi dengan dokter, nanti akan dijelaskan apakah pasien harus diperiksa di RSUD, atau menunggu obat dikirim saja. Dan itu yang membuat resepnya dokter," ujarnya.

Dikatakan Aceng, saat ini Koncibumi baru melayani pasien yang merupakan peserta BPJS Kesehatan, dan baru melayani pasien dengan penyakit syaraf. Jika berjalan baik, pelayanan akan ditambah seperti penyakit jantung, dan penyakit dalam.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)