DISNAK - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang melalui UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan Wilayah Kota saat ini sedang melaksanakan pelayanan vaksinasi rabies dan AI. Pelayanan ini dilakukan secara gratis. Untuk rabies sasarannya adalah anjing, kera dan kucing dan untuk vaksinasi AI sasarannya adalah unggas.

Kepala UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan Wilayah Kota drh Mursjid Abdullah mengatakan pelayanan dilakukan dengan cara tim turun ke desa. "Ada 35 desa yang kami layani mencakup wilayah Kecamatan Sumedang Utara, Selatan dan Ganeas," kata Mursjid Abdullah Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, untuk pelayanan vaksinasi rabies ke lapangan pihaknya menyediakan sekitar 500 dosis dan untuk AI junlahnya mencapai ribuan dosis.  Pelaksanaan vaksinasi ini penting dilakukan terutama untuk vaksinasi rabies dimana ketika hewan peliharan tidak divaksin dan terserang rabies maka ini akan sangat berbahaya karena ketika hewan itu mengigit manusia maka rabies dapat ditularkan. "Kami sangat mengharapkan sekali kesadaran dari masyarakat untuk bisa melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaannya," kata Mursjid.

Dikatakannya, kalaupun saat tim ke lapangan hewan peliharaan belum sempat divakisn, maka pemilik bisa datang langsung ke kantor UPT di Jalan 11 April. Agar hewan peliharaan terhindar dari rabies maka harus divaksinasi setahun sekal, dan dalam pelaksanaan valsinasi masal dalam setahun pihak UPT menggelarnya dalam dua kali kegiatan. "Jika ada hewan yang terlewat belum divaksinasi, maka bisa langsung dibawa ke kantor UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan di Jl 11 April," katanya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)