GAJAH AGUNG - Kamis, (04/11/2021) Dalam rangka kesiapsiagaan personil maupun peralatan dalam menghadapi bencana, Polres Sumedang menggelar Upacara Siaga Bencana sekaligus Launching Kendaraan Siaga Bencana, bertempat di Mako Polres Sumedang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sumedang, Unsur Forkopimda, dan diikuti seluruh peserta upacara baik dari TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Dishub, Damkar serta undangan lainnya.

Momentum apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel juga kelengkapan sarana dan prasarana pendukung lainnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dan masyarakat yang turut peran aktif dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam.

Dalam amanatnya, Kapolres AKBP Eko Prasetyo Robbyanto melalui Waka Polres Kompol Asep Agustoni mengatakan, "Sebagai negara yang berada di daerah rawan bencana, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia yang belakangan ini terus meningkat, tentunya harus disiapkan berbagai upaya baik pencegahan ataupun penanganannya," ujar Waka Polres Sumedang.

Dengan semakin meningkatnya intensitas bencana dan keragamannya, maka upaya penanggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif, multi sektoral, terpadu serta terkoordinasi antara pemerintah dan stakeholder lainnya.

Tidak hanya itu, guna untuk mempercepat antisipasi penanganan bencana, Polres Sumedang menyiagakan dua unit kendaraan siaga bencana sehingga dapat mengurangi tingkat risiko dari suatu bencana.

Wakil Bupati Sumedang (H. Erwan Setiawan, SE) memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholders yang telah mengikuti apel siaga bencana di Kabupaten Sumedang sekaligus melaunching kendaraan untuk siaga bencana di Kabupaten Sumedang. Ia berharap dengan persiapan ini bisa mempercepat dalam mengantisipasi bencana alam yang berada di wilayah Sumedang, apalagi mengingat saat ini curah hujan dengan intensitas tinggi. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)