CISITU - Masyarakat Cisitu diimbau untuk tidak mendirikan bangunan di lahan produktif, seperti di lahan pesawahan, perkebunan dan lahan berpotensi produktif lainnya. Menurut Plt Camat Cisitu, Dadang Sundara menyatakan, hingga kini banyak lahan-lahan produktif di wilayah Cisitu berdiri bangunan, seperti bangunan rumah dan bangunan insfratruktur. Bangunan-bangunan tersebut secara tidak langsung akan mempersempit lahan produktif terutama untuk sektor pangan.

"Pembangunan di wilayah Cisitu memang pesat. Sampai tanah yang tadinya merupakan lahan sawah sekarang sudah menjadi lahan bangunan rumah," ujar Dadang, Kamis (18/3/2021).

Dadang menyebutkan, pihaknya memang  tidak memiliki kapasitas menahan masyarakat untuk membangun di lahan pesawahan atau lahan produktif milik mereka, setidaknya pihaknya sudah mengimbau agar lahan produktif dipertahankan untuk kepentingan produksi pangan.

Tujuannya, kata Dadang, agar lahan sawah dan kebun tidak punah. Dimana, lahan sawah dan kebun dibutuhkan untuk produksi padi dan palawija.

"Pertahankan semaksimal mungkin lahan sawah dan kebun jangan habis menjadi pemukiman. Kalau lahan sawah habis, dimana lagi petani menanam padi. Sedangkan tanaman padi merupakan tonggak ketahanan pangan," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)