SUMEDANGKAB.GO.ID, GD NEGARA - Terdapat 100 pedagang kecil di wilayah Kabupaten Sumedang yang terdampak covid 19 mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas Sumedang masing masing antara Rp. 300- 500 ribu rupiah.
Sementara itu penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Bupati H Dony Ahmad Munir dalam acara Gebyar Pemberdayaan Zakat Infak dan Sodaqoh yang digelar di Gedung Negara, Kamis (12/11/2020).
Ketua Baznas Sumedang Ayi Subhan mengatakan bantuan modal usaha ini sengaja diberikan Baznas guna menumbuhkan kembali perekonomian warga khususnya pedagang yang terdampak covid 19.
"Melalui bantuan modal udaha ini diharapkan mereka dapat menambah modal untuk bisa kembali melakukan aktifitas berjualannya," jelas Ayi.
Diakui Ayi, dampak dari Covid 19 memang turut mempengaruhi pedagang sehingga dalam hal ini Baznas ingin memberikan perhatian dengan diserahkannya bantuan dengan tidak ada kewajiban untuk mengembalikan.
Salah seorang penerima bantuan modal usaha, Ade Ramdani (32) asal Kelurahan Kotakaler Sumedang Utara, mengaku bahagia mendapatkan bantuan modal usaha. Ade yang sehari harinya berjualan turut mengaku kalau diawal awal pandemi covid 19 penjualan tutut menurun drastis.
"Biasanya per hari bisa menjual sekitar 30 kg tutut masak, namun karena ada pandemi turun dratis hingga hanya laku 5 kg," tambahnya.
Selain dengan menjual secara online, dirinya pun kini mulai mencari orang lain yang mau berjualan tutut dimana seorang pedagang di pasok sekitar 5 kg tutut. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)