Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DLHK - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menyerahkan bantuan sarana prasarana kebersihan bagi 14 desa/kelurahan di Kecamatan Sumedang Selatan serta dua desa di Kecamatan Buahdua. Bantuan tersebut yakni 12 unit motor roda 3 pengangkut sampah, 28 tong sampah roda dan tutup, serta 12 troli pengangkut barang.

Sebanyak 12 motor pengangkut sampah diberikan kepada 10 desa di Kecamatan Sumedang Selatan, yakni Desa Citengah, Cipancar, Baginda, Sukagalih, Gunasari, Margamekar, Margalakasana, Sukajaya, Mekarrahayu, Ciherang, dan Desa Cilangkap serta Desa Buahdua Kecamatan Buahdua. Tong sampah diberikan masing-masing 7 buah kepada Kelurahan Cipameungpeuk, Kota Kulon, Regol Wetan dan Pasanggrahan Baru. Selain itu empat kelurahan tersebut juga mendapatkan masing-masing 3 troli pengangkut barang.

Bantuan tersebut diserahterimakan oleh Kepala DLHK  Yosep Suhayat kepada para penerima di Kantor DLHK, Kamis (25/4/2024). Bantuan tersebut bersumber dari Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) Tahun 2024. "Bantuan ini berasal dari Pagu Indikatif Kewilayahan Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Buahdua. Sumedang Selatan paling banyak, tapi belum kebagian semua," kata  Yosep.

Menurutnya, DLHK tahun depan akan kembali mengajukan anggaran untuk bantuan yang sama. "Kami akan anggarkan kembali tahun depan. Ini awalnya dari PIK Kecamatan, kalaupun DLHK yang merealisasikan, itu atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang," ujarnya.

Dengan bantuan sarana prasarana kebersihan ini diharapkan dapat meningkatkan kebersihan lingkungan, sehingga taraf kesehatan masyarakat juga bakal meningkat.
"Mudah-mudahan ini bisa mendukung program Sumedang Hurung Herang Hariring. Tentu harus didukung dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)