SUKAPURA - Sebanyak 12 rumah warga mengalami kerusakan akibat puting beliung yang menerjang Dusun Kisepat, Desa Sukapura, Kecamatan Wado, Sabtu (26/9/2020) sore. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Sumedang, 12 rumah yang terdampak tersebut berlokasi di RW 2, 3, dan 5, diantaranya, rumah Ares Rinaldi, Sapria, Arif Lukman, Deden Ita, Nana, Iis Jubaedah, Tarma, Cece, Ateng Kurnia, dan Aji.  "Ada yang rusak berat ada yang ringan, kebanyakan rusak pada bagian atap rumah, gentingnya berterbangan," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang, Yedi.

Dikatakan, terjadi saat turun hujan lebat disertai angin kencang sekitar pukul Rp 14.30 WIB. Meski merusak belasan rumah warga, namun tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. "Penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri ke tempat yang aman," kataya.

Selain merusak belasan rumah, kejadian tersebut juga berdampak kepada 27 jiwa, namun mereka tetap tinggal di rumah masing-masing setelah material yang berserakan dibereskan secara gotong royong. "Upaya yang sudah dilakukan, kami bersama masyarakat melakakukan gotong royong membereskan genting dan mengganti atap yang rusak dengan alat seadanya," katanya.

Untuk membereskan material bangunan rumah warga yang ambruk itu, BPBD juga dibantu oleh Satpol PP, aparat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan anggota Tagana. Kepala Desa Sukapura, Dahman Rukmana mengatakan kerusakan rumah warga tersebut akibat hujan deras disertai angin kencang. "Anginnya hanya sebentar, tapi sudah bisa ditanggulangi, tidak terlalu berdampak kepada warga," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)