DISNAKERTRANS - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang mencatat ada 160 KK asal Kabupaten Sumedang yang berminat  ikut  transmigrasi.

Menurut  Kabid Transmigrasi Disnakertrans H Usep Komaruzaman ke 160 KK tersebut kini masuk daftar tunggu yang sewaktu waktu siap diberangkatkan.  "Ada 160 KK yang telah resmi mengajukan diri dan mendaftar untuk ikut program Transmigrasi dan semua kami catat," kata  Usep, Kamis (12/3/2020).

Ditambahkan  Usep,  sebagian besar pendaftar  berasal dari daerah genangan Jatigede seperti daerah Jatigede, Wado dan juga Darmaraja.  Arah minat para transmigran ini berkeinginan melakukan transmigtasi ke Nanggroe Aceh dan ada juga yang ingin ke Kalimantan dan Sulawesi.  "Alasan mereka memilih Aceh, karena memang banyak warga Sumedang yang telah berhasil di Aceh," katanya.

Menurutnya,  untuk urusan transmigrasi kewenangan ada di pemerintah pusat dan pemerintah pusat juga yang menentukan kuota serta tujuan daerahnya.  Pemerintah daerah hanya sebatas mengusulkan dan untuk tahun ini semua yang mendaftar diusulkan.  "Kami juga masih menunggu informasi lengkapnya dari pusat terkait berapa kuota dan daerah mana yang menjadi sasaran tahun 2020 ini," katanya.

Hanya sebagai gambaran, lanjut Usep, untuk tahun 2019 lalu Kabupaten Sumedang hanya kebagian kuota untuk 6 KK dengan daearah sasaran pulau Sulawesi.  (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)