168 Calon Santri Ikut Tes Seleksi


Baca juga : Pejabat Struktural Ikut Pesantren Kilat


TANJUNGKERTA - Sebanyak 168 calon santri/santriwati Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyyah Desa Sukamatri, Kecamatan Tanjungkerta mengikuti tes seleksi masuk pesantren gelombang 1, Minggu (1/3/2020) di lingkungan Kampus Pesantren Al Hikamussalafiyyah.

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati para calon santri/santriwati. Tahapan pertama, seluruh peserta wajib mengikuti tahapan tes baca tulis Al Quran. Tahapan kedua, santri harus mengikuti tes pengetahuan agama Islam. "Tujuan dari kegiatan tes seleksi adalah ingin menyeleksi calon calon santri/santriwati yang akan mesantren disini.  Kami ingin mengetahui sejauh mana kemampuan para calon santri dalam kualitas mengaji dan pengetahuan agamanya," ujar panitia penerimaan santri baru Ponpes Al Hikamussalafiyyah, Ayi Abdul Kohar, Senin (2/3/2020).

Dikatakan, para calon santri/santriwati terdiri dari calon santri yang bersekolah di tingkat MTs sebanyak 96 orang dan tingkat MA 68 orang dan tingkat SMK sebanyak empat orang. Ayi mengatakan, para pendaftar yang datang ke Ponpes Al Hikamussalafiyyah tidak hanya dari Kabupaten Sumedang saja, dari luar Sumedang pun ada. Diantaranya, dari Bandung Barat, Majalengka dan Cirebon. Bahkan, dari luar pualau pun ada yang mendaftar, seperti dari Provinsi Jambi. "Mulai masuk pesantren dijadwalkan tanggal 5 Juli 2020," katanya. (nsa)


Pesantren

Berita Terkait