GEDUNG NEGARA - Dari 88 Kepala Desa Pilkades Serentak yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh  Bupati H Dony Ahmad Munir Rabu (23/12/2020), 18 kades terpilih adalah muka lama yang kembali terpilih.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupatem Sumedang H Nuryadin menyebutkan dari 88 desa yang menggelar pilkades, 55 calon adalah  petahana. "Ya memang cukup banyak petahana  yang maju lagi dalam ajang pilkades ini, bahkan lebih dari setengahnya," jelas H Nuryadin, Rabu (23/12/2020).

Namun demikian lanjut Nuryadin dari 55 incumbent yang ikut dalam ajang pilkades sebanyak 37 orang gagal meraih suara terbanyak. "Jadi pada acara pelantikan kades terpilih dari 88 kades, 18 orang diantaranya melanjutkan untuk masa jabatan yang baru," jelas Nuryadin.

Lebih lanjut dikatakan dia, dalam dinamika demokrasi memang menang dan kalah hal yang wajar. Bersamaan dengan pelantikan 88 kades terpilih hasil pilkades serantak, dilakukan juga pelantikan 2 orang kades hasil PAW (pergantian antar waktu). Adapun dua desa yang kadesnya hasil PAW adalah Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor dan Desa Cikareo Utara Kecamatan Wado. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)