Penulis:  Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISKANAK - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang menargetkan 2000 ekor sapi tahun 2023 ini masuk menjadi peserta Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).

Kabid Peternakan Kesehatan Masyarakat Veteriner Diskanak Sumedang drh Diah Siswati mengatakan untuk mengejar target tersebut kini pihaknya bersama petugas dilapangan kembali mensosilisasaikan keberadaan AUTS kepada para peternak.

"Jumlah populasi sapi di Sumedang saat ini ada sekitar 30 ribu ekor, jadi cukup wajar juga kalau kita menargetkan sekitar 2000 ekor tahun ini," kata Diah, Senin, 20 Maret 2023.

Menurut Diah , seiring membaiknya ekonomi pasca covid 19 beberapa waktu lalu diharapkan para peternak juga akan kembali mengasuransikan sapi peliharaannya. Uang premi AUTS juga cukup murah dengan membayar Rp 40 ribu setahun, sapi milik peternak bisa terlindungi.

"Premi normalnya Rp 200.000 per ekor sapi per tahun, namun karena Rp 160.000 disubsidi pemerintah jadi peternak hanya membayar Rp 40.000 saja," terangnya.

Diah menambahkan, banyak keuntungan dengan menjadi peserta asuransi, misalnya jika sapi mati atau ada yang mencuri maka akan dapat ganti rugi Rp 10 juta. Selain itu, kalaupun dipotong paksa karena suatu kejadian maka peternak juga masih dapat uang ganti rugi sebesar Rp 5 juta.

"Jadi dengan masuk menjadi peserta AUTS, maka ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, peternak tidak akan terlalu rugi besar, karena ada ganti rugi dari AUTS," tambahnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)