SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang untuk pada tahun 2020 ini menargetkan sebanyak 2500 ekor akan terdaftar sebagai peserta asuransi usaha ternak sapi (AUTS)

Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Erwin mengatakan, sejak digulirkan program AUTS oleh pemerintah pusat bekerjasama dengan PT Jasindo sekitar 3 tahun lalu, di Kabupaten Sumedang kurang lebih ada 3000 ekor sapi yang telah terdaftar.

"Untuk tahun 2020 ini sesuai target dari Provinsi, Sumedang di targetkan 2500 sapi masuk menjadi peserta program AUTS," jelas Erwin, Rabu (8/7/2020).

Menurut Erwin, untuk mengejar target tersebut, pihaknya pun kini terus berupaya melakukan sosialisai dan memberikan pemahaman kepada para peternak. Dengan masuk menjadi peserta asuransi usaha ternak sapi ini lanjut Erwin para peternak merasa terlindungi. Pasalnya, ketika suatu saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan, seperti sapi mati, maka mereka mendapatkan ganti rugi.

Dijelaskan Erwin untuk menjadi peserta AUTS, peternak tinggal mendaftar dan membayar premi Rp 40.000. Jika ternyata nanti dalam pemeliharannya, sapi mati, maka akan diganti sebesar Rp 10 juta oleh pihak asuransi. Proses pengklaiman ke pihak asuransi juga tidak merepotkan karena dalam waktu cepat bisa diproses hingga ganti rugi turun. Lebih lanjut dikatakan Erwin, saat ini jumlah populasi sapi di Kabupaten Sumedang mencapai kurang lebih 30 ribu ekor. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)