5 RTLH Direnovasi di Desa Cibeureum Kulon


Baca juga : Target Bupati Tahun 2023 Tak Ada Lagi Rumah Tidak Layak Huni di Sumedang


CIMALAKA – Desa Cibeureum Kulon sedang memperbaiki lima rumah tidak layak huni (RTLH) . Lima rumah yang tersebar di tiga dusun yang ada di Cibeureum Kulon,  Dusun  Warung Toge, Babakan Pangkalan dan Cimarega.

Kelima rumah tersebut akan direnovasi menggunakan dana bantuan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Sumedang yang bersumber dari APBD Kabupaten Sumedang  melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

BSPS adalah bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan  peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum.

Bantuan BSPS ini bertujuan untuk mewujudkan rumah yang layak huni  didukung dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum. Sehingga menjadikan perumahan yang sehat, aman, serasi, dan teratur serta berkelanjutan, serta untuk mengoptimalkan pengaturan bantuan pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang berupa stimulan rumah swadaya. "Program ini harus didukung semua pihak agar berjalan dengan lancar untuk membantu mewujudkan rumah yang layak," kata Penjabat Kepala Desa Cibeureum Kulon, Suhena, Kamis (12/12/2019).

Suhena menambahkan program tersebut tak lepas dari tujuan utamanya yaitu sebagai ajang untuk meningkatkan kepedulian sosial. Tahun 2020 Pemerintah Desa Cibeureum Kulon akan mengalokasikan dana bantuan untuk tiga rutilahu lainnya. "Pemerintah Desa Cibeureum Kulon pada tahun 2020 nanti telah mengalokasikan dana bantuan RTLH untuk tiga unit rumah sebagai bentuk komitmen mendukung program  Bupati Sumedang dalam hal pengentasan kemiskinan yaitu mewujudkan Kabupaten Sumedang yang bebas RTLH tahun 2023," katanya. (rtn)


RTLH

Berita Terkait