TANJUNGKERTA - Sebanyak 55 siswa/siswi Madrasah Aliyah (MA) Al Hikamussalafiyyah Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta dinyatakan lulus per tanggal 2 Mei 2020.  Salah seorang pengajar di MA Al Hikamussalafiyyah, Ayi Abdul Kohar mengatakan, kebanyakan lulusan tersebut akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya di Pondok Pesantren Hikamussalafiyyah (PPHS).  "Lulusan MA Al Hikamussalafiyyah banyak yang akan meneruskan ke perguruan tinggi dan melanjutkan hafalan di PPHS," kata Ayi, (6/5/2020).

Ayi menambahkan, selain itu ada pula yang melanjutkan pendidikan ke pesantren lainnya.  Siswa siswi yang telah lulus bisa tetap meneruskan mengaji dimanapun berada. Kemudian, menjaga hafalan serta menjaga almamater. "Mereka juga diharapkan senatiasa menjadi figur di masyarakat," katanya.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Mohammad Aliyuddin KH Sadulloh mengatakan seluruh siswa dan santri Al Hikamussalafiyyah dipulangkan sejak tanggal 16 Maret 2020 lalu. Kecuali, ada beberapa pengurus santri yang masih tetap jaga pondok.  "Untuk kelulusan kelas 9 MTs dan kelas 12 MA serta SMK kami menggunakan nilai-nilai siswa pada semester sebelumnya dan nilai ujian harian semester genap. Ditambah, ketuntasan ujian bidang tahfid sesuai ketentuan syarat kelulusan yang sudah dibuat," paparnya.

Terkait sistem KBM di PPHS semenjak terkena pandemi corona,  dilakukan sistem belajar di rumah dengan panduan langsung guru masing-masing bidang studi secara daring/online. Seluruh wali kelas membuat group WA masing-masing kelas yang didalamnya terdiri dari para siswa dan orang tuanya.   "Mudah-mudahan Covid 19 segera berakhir, sehingga proses KBM pondok pesantren Al Hikam bisa kembali normal," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)