KEMENAG - Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020 untuk gelombang pertama secara resmi telah ditutup Kamis (30/4/2020) lalu. Untuk calon haji asal Kabupaten Sumedang yang telah melunasi BPIH hingga berakhirnya gelombang I tercatat ada 843 orang.

"Hingga akhir penutupan gelombang I tercatat ada 843 calon jamaah haji asal Sumedang yang telah melunasi," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Sumedang H Azis Kawakibi, Senin (4/5/2020).

Dengan demikian, terang  Azis, masih ada calon jamaah haji asal Kabulaten Sumedang yang belum melunasi dan itu akan diberikan kesempatan di gelombang 2 yang pembayarannya akan dimulai 12- 20 Mei 2020.

Dijelaskan Azis sesuai kuota calon jemaah haji asal kabupaten Sumedang tahun 2020 ini sebanyak 860 orang, namun Sumedang juga mendapatkan tambahan 7 jemaah untuk katagori lansi dari pusat.  Total jamaah calon haji asal kabupaten Sumedang yang akan berangkat tahun ini sebanyak 867 orang. “Rinciannya 860 orang sesuai kuota dan tambahan 7 orang untuk lansia, dimana untuk lansia jni orang orangnya telah ditentukan oleh pusat," jelasnya.

Terkait rencana keberangkatan calhaj sehubungan dengam adanya wabah virus corona yang saat ini sedang melanda, pihaknya masih menunggu informasi dari pusat.  Namun  untuk langkah ataupun tahapan pelaksanaan ibadah haji saat masih terus ditempuh. "Untuk proses administrasi kami lakukan seperti biasa, adapun nanti jadi tidaknya berangkat kami masih menunggu informasi dari pusat,” katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)