Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DISKANAK - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang mencatat jumlah hewan kurban yang dipotong masyarakat pada masa Iduladha 1445 H mengalami peningkatan dibandingkan tahun 1444 H lalu.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Diskanak Sumedang Mursjid Abdullah mengatakan, untuk tahun ini jumlah hewan kurban yang dipotong mencapai 9.724 ekor, sedangkan tahun lalu sekitar 9.400 an ekor. "Jumlah ini didasarkan atas laporan dari petugas UPTD Perikanan dan Peternakan di seluruh wilayah Sumedang," jelas Mursjid Kamis, 11 Juli 2024.

Adapun jumlah 9.724 ekor hewan kurban yang dipotong tersebut terdiri dari sapi 2413 ekor, kerbau 2 ekor, kambing 351 ekor dan domba 6958 ekor. Bila melihat angka hewan kurban di Sumedang masih didominasi jenis domba dan kerbau yang paling jarang dimana hanya tercatat 2 ekor. Hewan kurban yang dipotong di wilayah Sumedang kondisinya sehat sehat karena sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan hewan Diskanak Sumedang. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)